Sabtu, 20 Oktober 2007

MAU KAYA ? MERANTAU !!! Bag 1

Kadang kita sering iri dengan orang Cina. Ada perbuatannya yang beda dikit kita timpali “Dasar Cina! Pulang sana ke kampungmu!!”

Kata-kata kasar ini saya dengar ketika saya tinggal diSurabaya

Kalo di Jakarta saya pernah dengar “Ee…kamu Jawa. Kampungan banget sih!”

Di Sumatra saya pernah dengar “ Memang orang Jakarta itu penjajah. Semua kekayaan dibawa kesana. Kita yang didaerah dapat ampasnya!!”

Astagfirullah….astaghfirullah…..

Coba kita introspeksi diri. Sebenarnya kita semua diciptakan sama. Semua manusia itu mulia. Lebih mulia lagi bila bermanfaat bagi orang lain. Kalo bisanya cuma ngumpat orang kapan dia punya waktu memikirkan membantu sesama ??

Fenomena di atas biasanya berawal dari kesuksesan etnis tertentu di daerah etnis lain. Coba kita perhatikan, rata-rata yang sukses diJakarta adalah pendatang. Tidak heran banyak orang Betawi merasa terpinggirkan.Di Jawa banyak orang Padang yang sukses, orang Jawa merasa terpinggirkan.Di Padang banyak orang Jawa yang sukses, orang Padang merasa terpinggirkan.

Para perantau adalah kelompok PEJUANG KEHIDUPAN. Dengan keberaniannya pergi ke daerah lain, mereka siap berjuang mati-matian untuk merubah nasib keluarganya. Sementara para penduduk asli yang sejak kecil berada di daerahnya sendiri, mereka sudah terbiasa hidup dengan lingkungannya. Mereka menjadi lemah dikarenakan memasuki Zona Nyaman. Mereka merasa kaget setelah ada pendatang baru yang tiba-tiba sukses

Tidak salah kalau Imam Syafi’i mengatakan:

Singa disebut Raja Hutan kalau dia keluar dari sarangnya

Kayu cendana harum baunya kalau keluar hutan

Mutiara mahal harganya kalau keluar dari Samudra

Merasa seperti Katak dalam tempurung ??? Ayo merantau!! Lihat negeri lain. Tunjukkan kemampuanmu. Jadilah orang yang SUKSES dan BERMANFAAT untuk orang lain

Tidak ada komentar: